Tuesday, June 21, 2005

Brain Writing: Lebih Jauh Tentang Kepribadian Kamu

Sebuah Permainan Gambar.

Kalau ada orang yang minta kamu memilih satu diantara empat bentuk ini, mana yang kamu pilih? LINGKARAN? SEGIEMPAT? SEGITIGA? Atau GARIS BERLEKUK TAK BERATURAN?

Simbol-simbol ini bisa menunjukkan orang seperti apa kamu itu. Bisa juga dipake untuk ngetes karakter calon suami atau calon istri J

Kalau LINGKARAN adalah yang pertama kamu pilih, maka itu bisa berarti dalam hidup ini kebutuhan akan kasih adalah yang paling penting buat kamu. Kamu akan merasa nggak bahagia dalam hidup dan pekerjaan kalau nggak ada orang yang bisa diajak berbagi hidup. Nggak ada “Object of Affection”. Kamu juga bukan tipe agresif dan suka musuhan. Singkatnya, kamu lebih suka BERMAIN daripada BERKELAHI.

Apabila SEGIEMPAT adalah bentuk pertama yang menarik hati kamu, maka itu bisa berarti bahwa disiplin dan perintah adalah hal yang paling penting dalam hidup kamu. Orang-orang yang beraliran segiempat adalah individu-individu yang termotivasi oleh rasa aman dan senang bekerja. Kamu juga mempunyai pemikiran untuk membangun sesuatu dan sangat menikmati berpikir tentang hal-hal yang berkaitan dengan rumah. Orang-orang segiempat logis, praktis, dan merupakan jenis orang yang dapat dimintai bantuan.

SEGITIGA. Kalau kamu pertama kali memilih segitiga, itu bisa berarti bahwa kebutuhan akan kekuatan adalah hal yang paling penting dalam hidup kamu. Segitiga juga merupakan simbol seks. Sebuah bentuk yang mendorong lebih jauh dan melepaskan energi lebih besar dibanding dengan bentuk lainnya. Orang-orang segitiga biasanya ingin cepat mengatasi masalah. Kamu juga tahan banting. Karena kamu adalah tipe pemikir mandiri dan tahan pada posisi sulit diantara yang lain. Biasanya, need of achievment kamu tinggi dan kamu punya kecenderungan untuk meraih suatu penghargaan dan selalu bertindak.

Tapi kalau GARIS BERLEKUK TAK BERATURAN yang jadi pilihan kamu, itu tandanya kamu kreatif. Imajinasi adalah motivasimu yang paling utama. Biasanya, kamu kurang suka rutinitas, nggak suka ketepatan waktu, protokoler, n kegiatan yang monoton. Mayoritas, orang-orang ini nggak suka sama batasan-batasan.

Gabungan Simbol


LINGKARAN, kemudian segiempat:

Cinta datang pertama kali. Simbol kedua menyiratkan kebutuhan akan rasa aman untuk mempertahankan cinta tersebut. Caranya adalah berusaha tetap berada dekat dengan tempat tinggal, keluarga, dan teman-teman. Bagi yang memilih dua bentuk ini, materi atau kebutuhan duniawai itu nggak terlalu penting.

LINGKARAN, kemudian segitiga:

Motivasi utama masih cinta. Diikuti dengan kebutuhan akan kekuasaan dan seks. Kamu bisa saja pandai bermain dan penuh hasrat dalam kedua hal tersebut.

LINGKARAN, kemudian garis berlekuk:

Kalo ngomong soal cinta, kamu idealis banget. You’re longing for somebody, tempat kamu bisa melepaskan seluruh hasrat dan ide-ide kamu. Kamu menginginkan pasangan yang sempurna dan bakalan pake metode paling imajinatif untuk menemukan orang pilihan kamu itu.

SEGIEMPAT, kemudian lingkaran:

Kalo kamu dah ngerasa aman dan nyaman di rumah, maka kamu akan mencari seseorang untuk berbagi kenyamanan “sarang” kamu. Keluarga adalah hal paling penting dalam hidup kamu. Hal yang paling kamu butuhkan adalah menjaga kedamaian dan keseimbangan hidup.


SEGIEMPAT, kemudian segitiga:

Bagi kamu, keamanan adalah hal yang paling penting dalam hidup. Kalo ada orang atau sesuatu yang mengancam keamanan kamu, kamu nggak ragu buat melawannya. Yah, karena kamu dikaruniai kecerdasan lebih, kamu akan menghadapi masalah dengan persepsi tajam dan kekuatan yang bisa diterima oleh rasio.

SEGIEMPAT, kemudian garis berlekuk:

Kamu punya pemahaman yang bagus, terhadap apa saja. Kamu juga logis dan praktis. Tapi disisi lain kamu desperate dgn rutinitas. Yang kamu mau adalah keaneka ragaman dan PERUBAHAN.

SEGITIGA, lalu lingkaran:

Kamu punya kebutuhan yang besar buat mengekspresikan kasih dan termotivasi oleh ekspresi seksual. Kamu ingin BERTINDAK dan selalu dikelilingi banyak orang.

SEGITIGA, kemudian segiempat:

Kamu termasuk orang yang bisa berpikir tenang dalam suatu keadaan yang bikin stres. Kamu bisa melihat apa masalahnya dan memecahkannya tanpa terbawa emosi. Itu karena kamu punya pemahaman yang baik dan sabar.

SEGITIGA, kemudian garis berlekuk:

Kamu unik, kreatif, dan agresif. Nggak mengenal batas dan penuh inovasi .

GARIS BERLEKUK-LEKUK, kemudian lingkaran:

Hidup bagi kamu, selalu tampak indah. Imajinasi membawamu ke dalam suatu falsafah dan keyakinan spiritual.

GARIS BERLEKUK-LEKUK, kemudian segiempat:

Meskipun rumah dan lingkungan adalah hal yang penting buat kamu, kamu masih haus akan sesuatu yang baru dan menantang. Kamu sangat kreatif tapi kurang mampu menjaga keseimbangan antara keamanan dirimu dan hasrat untuk berpetualang.

GARIS BERLEKUK-LEKUK, lalu segitiga:

Kamu nggak pernah berhenti bergerak. Sangat kreatif. Orang lain akan beranggapan bahwa hidup bersama kamu sangat menantang. Kamu punya hasrat untuk berpetualang dan menyukai keanekaragaman. Kamu juga nggak Cuma bisa omong doank. Tapi kamu cenderung untuk bertindak.


Eit, jangan percaya buta sama diagnosa ini. Kadang-kadang memang cocok dengan kepribadian tertentu. Tapi, ada juga yang nggak setuju. Yah… namanya juga usaha J



[Dari Brain Writing, Irene B. Levitt]

0 Comments:

Post a Comment

<< Home